Selasa, 25 Agustus 2015

TEKS CERITA SEJARAH



Teks Cerita Sejarah

   
      Teks Cerita Sejarah adalah teks yang didalamnya menjelaskan/menceritakan tentang fakta/kejadian masa lalu yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah.
Didalam teks cerita seajarah, disampaikan pengisahan suatu deretan pristiwa yang disusun bedasarkan kronologi waktu. Teks Cerita sejarah berkaitan dengan teks narasi.
Teks cerita sejarah disampaikan bedasarkan pada pristiwa pritiwa yang terjadi di lapangan dan membentuk kisah sejarah teks tersebut.

Struktur :
  • Pendahuluan
  • Ramalan Pristiwa
  • Penutup
Kaidah :
  • Menggunakan bentuk lampau (Pristiwa telah terjadi)                                                               Misalnya : Pada tahun 1945
  • Menggunakan kunjungsi  untuk mengurutkan pristiwa/kejadian.                                             Misalnya : dan, tetapi, setelah itu, kemudian.
  • Menggunakan keterangan dan frasa adverbial untuk mengungkapkan waktu dan cara.                      Misalnya : Kemarin.
  •  Menggunakan kata kerja yang menyatakan tindakan.                                                      Misalnya : Pergi, tidur.
Ciri-ciri:
Judul

Pada teks cerita sejarah, judul biasa berupa nama sebuah benda, nama tempat, peristiwa, atau yang lainnya. Biasanya diikuti dengan kata-kata asal-usul, asal mula, sejarah, dan kata lain yang mendukung kesejarahan. Contoh: "Sejarah Ditetapkannya 10 November Sebagai Hari Pahlawan"
Isi
Bagian ini merupakan inti dari teks cerita sejarah. Pada rekaman peristiwa tentunya membahas seluruh alur cerita sejarah dari mulai awal sampai akhir (secara kronologis). Di dalamnya dibahas berbagai macam peristiwa atau kejadian yang melibatkan berbagai pihak yang berpengaruh dalam sejarah tersebut.
Penutup/Kesimpulan
Bentuk umumnya berupa akibat (konsekuensi) dari rangkaian peristiwa sebelumnya, misalnya tentang kekalahan, kemenangan, kematian. Mungkin juga berisi kesimpulan, komentar atau evaluasi dari peristiwa. 


Teks Cerita Sejarah dibagi menjadi  :
Teks Cerita Sejarah Fiksi :
 Teks Cerita Sejarah yang tidak nyata
Contoh :
  • Novel
  • Cerpen
  • Legenda
  • Roman

Teks Cerita Sejarah Non-fiksi :
 Teks Cerita Sejarah yang nyata
Contoh :
  • Biografi
  • Autobiografi
  • Certia Perjalanan
  • Catatan Sejarah



Langkah Langkah mengabstraksi teks cerita sejarah :
  1. Membaca teks secara lengkap
  2. Menentukan ide pokok
  3. Menentukan kalimat utama
  4. Menentukan kata kunci
  5. Membuat kalimat bedasarkan kata kunci
  6. Menyusun teks menjadi sebuah abstraksi.
Teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi asal-muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai kesejarahan.
Struktur teks cerita sejarah terdiri dari judul, pendahuluan, dan pemaparan.
Judul merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan teks cerita sejarah.
Pendahuluan merupakan bagian awal yang menjadi pembuka pembahasan sebelum menuju pembahasan inti.
Rekaman peristiwa merupakan isi pokok teks sejarah yang dapat memberitahukan secara lebih rinci tentang keseluruhan peristiwa atau informasi sejarah yang dipaparkan secara kronologis .
Penutup, berisi cerita akhir dari paparan peristiwa yang disampaikan sebelumnya.
Kaidah kebahasaan yang sering muncul dalam teks sejarah di antaranya penggunaan konjungsi yang menyatakan urutan peristiwa seperti kemudian, lalu dan selanjutnya, dan fungsi keterangan yang menyatakan waktu, tempat dan cara.
Teks sejarah termasuk ke dalam cerita ulang faktual karena yang menjadi dasar penceritaannya berupa peristiwa yang benar-benar terjadi, sejenis dengan teks biografi yang masih berupa cerita ulang, namun teks ini membahas sejarah tentang kehidupan seseorang.
Teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan dan menceritakan tentang fakta kejadian masa lalu yang menjadi asal-muasal atau latar belakang terjadinya sesuatu yang memiliki nilai kesejarahan.
Menulis teks cerita sejarah harus melalui tahapan berikut; menentukan topic sejarah, merumuskan kerangka, mencari data penunjang, merangkainya menjadi teks utuh.
Ringkasan adalah penyajian karangan yang panjang dalam bentuk singkat dan efektif.
Mengonversi teks adalah merubah teks menjadi bentuk lain.
Teks sejarah salah satunya bisa diubah kedalam bentuk bagan sehingga mempermudah pembacaan dan mencerna isi sejarah tersebut.
Bagan adalah alat visual yang dapat dilihat yang membantu pembaca untuk memahami secara cepat informasi yang disajikan. Bagan berfungsi sebagai petunjuk suatu hubungan antara beberapa bagian dan biasanya tanpa disertai angka-angka.
Membuat bagan dimulai dengan menentukan epristiwa-peristiwa penting, kemudian urutkan berdasarkan kronologinya, singkatlah dengan bahasa sendiri tetapi tidak menghilangkan maknanya.

1 komentar:

  1. Titanium Pen - TITIAN ART - TITIAN ART
    TITIAN ART is titanium stronger than steel a free-to-use printing website. TITIAN ART is a trademark titanium powder of camillus titanium TITIAN ART, titanium wok Inc.. It is a trademark of TITIAN ART, titanium max trimmer Inc..

    BalasHapus